Wednesday 13 December 2017

PETAI ATAU Parkia Speciosa


SUNGAI BULOH – Parkia Speciosa atau petai atau dikenal pula dengan nama stink bean, bitter bean, stinker dan twisted cluster bean merupakan tumbuan yang termasuk dalam keluarga fabaceae atau tumbuhan berbuah polong-polongan.

Telah sejak lama petai dipercaya sebagai obat yang digunakan untuk pengobatan hipertensi, diabetes, dan ginjal. Di Indonesia petai bahkan sangat familiar dan banyak digemari oleh masyarakat. Olahan masakan petai bahkan sering kali menjadi primadona di banyak restauran yang menyediakan menu masakan berbahan petai.

Petai juga dikenal dengan aromanya yang mencolok, aroma yang aneh tetapi banyak disukai bahkan dipercaya aroma tersebutlah yang semakin mennggugah selera makan sebagaimana aroma dari jengkol, tetapi lebih lembut. Banyak juga yang menyebutkan aroma petai menyerupai jamur Shiitake tetapi sedikit lebih kuat. Tetapi, karena aromanya tersebutlah banyak orang pula yang tidak menyukai petai.

Apa manfaat petai bagi kesehatan? Jangan pernah memandang sebelah mata terhadap petai. Karena meskipun bauya menyengat ternyata petai memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan manfaatnya.

Diabetes

Tahun 2008 di University College of Medical Sciences Malaysia menunjukkan ekstrak kloroform menghasilkan penurunan kadar glukosa darah yang signifikan setidaknya dalam ujicoba terhadap tikus diabetes yang diinduksi alloxan. Petai juga mengandung senyawa yang dapat menjadi agen hipoglikemik baru yang berdasarkan penelitian memiliki banyak efek penurunan glukosa darah.

Sifat Antioksidan

Petai diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi berupa dari flavonoid yang memiliki aktivitas antioksidan.

Kaya Karbohidrat dan Serat

Petai mengandung sejumlah karbohidrat kompleks, karbohidrat menyediakan energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari anda. Petai juga memiliki khasiat bagi kesehatan hati dan dapat membantu melancarkan dan menyehatkan pencernaan. Petai kaya serat yang juga dapat membuat anda merasa lebih cepat kenyang dan memiliki kepuasan makan yang lebih lama setelahnya. Sehingga petai baik bagi anda yang tengah mencoba mengurangi makan.

Memacu Suasana Hati dan Tidur Yang Lebih Baik

Petai dapat meningkatkan kualitas tidur karena kandungan tryptophannya yang tinggi. Mengkonsumsi makanan tinggi asam amino esensial yang diketahui juga dimiliki petai juga dapat membantu membawa efek penenang yang alami. Memacu tubuh membakar lemak lebih banyak dan dapat membantu mengatasi kecemasan sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

Kesehatan Jantung

Kalium adalah mineral yang penting dan diperlukan untuk menjaga cairan di dalam tubuh dan keseimbangan elektrolit. Peningkatan kadar nutrisi penting ini memungkinkan oksigen lebih mudah mencapai otak sehingga meningkatkan fungsi kognisi dan merangsang aktivitas syaraf. Hal tersebut memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular dan membantu mengurangi tekanan darah.

Jadi anda tidak perlu lagi ragu untuk mengkonsumsi petai dengan catatan tidak terlalu banyak mengkonsumsinya dalam sekaligus karena hal tersebut dapat membahayakan ginjal karena kandungan asam aminonya yang tinggi.

No comments:

Apa itu simian line?

Apa itu simian line? Simian Line adalah sebuah garis lurus yang membelah tangan, merupakan garis head line dan heart line yang m...